Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

[Video] Jack Ma : Usia 30-40, Kamu Sudah Harus Berpikir Bekerja Untuk Dirimu Sendiri


[Artikel 48#, kategori Motivasi] Baik bekerja untuk orang lain atau diri sendiri, saya memilih bekerja untuk diri saya sendiri. Bekerja untuk diri sendiri artinya bekerja untuk masyarakat. Jika kamu mau bekerja untuk diri sendiri, pikirlah tentang orang lain. Karena hanya ketika orang lain sukses dan bahagia, kamu pun akan sukses dan bahagia.

Itu adalah potongan bagian akhir kalimat yang dikatakan Jack Ma di video yang saya embed di bawah ini nanti. Saya sangat tertarik dengan motivasi yang dikatakan Jac Ma, terlebih umur yang dikatakannya.

Kriteria umur

Karena saya berada di usia kepala 30, maka salah satu alasan saya membawa video dan motivasi Jack Ma di sini karena umur tersebut. Di bawah ini, saya masukkan teks yang ada di translate dari video.

>>teks video<<

Jack Ma mengatakan, 'jika kamu berusia 25 tahun, jangan khawatir'. Setiap kesalahan adalah pendapatan yang baik buat kalian. 

Sebelum usia 20 tahun, jadilah murid yang baik. Kalau mau berbisnis, pelajari pengalamannya. Sebelum usia 30 tahun, ikutilah seseorang. Bekerjalah di perusahaan kecil.

Umumnya di perusahaan besar sangatlah baik belajar proses pengerjaan. Karena kalian bagian dari mesin besar. Ketika kamu bekerja di perusahaan kecil, kalian belajar tentang semangat dan impian. Kalian belajar cara melakukan banyak hal sekaligus. 

Sebelum usia 30 tahun, bukan masalah dimana perusahaanmu tapi siapa bosmu. Ini sangat penting. Bos yang baik mengajarimu dengan baik.

Usia 30-40 tahun, kamu sudah harus berpikir untuk bekerja untuk dirimu sendiri. Jika kamu benar-benar ingin menjadi pengusaha.

Jika usiamu 40-50 tahun, kalian harus melakukan sesuatu sesuai kemampuan kalian. Jangan melompat ke bidang lain, itu sudah terlambat. Kalian mungkin akan berhasil, tapi tingkat kegagalan terlalu besar.

Jadi usia 40-50 tahun, pikirkan tentang bagaimana kamu fokus pada sesuatu sesuari kemampuanmu. 

Tapi ketika usiamu 50-60 tahun, bekerjalah untuk anak muda. Karena anak muda bisa melakukan lebih baik darimu. Jadi andalkan mereka, investasikan untuk mereka, dan pastikan mereka handal.

Jika usiamu di atas 60 tahun, gunakan waktumu untuk dirimu sendiri. Contohnya mungkin dengan pergi ke pantai untuk berjemur. Sudah terlambat untuk berubah.

Ini nasihat saya untuk anak muda.

Usia 25 tahun, buatlah cukup kesalahan. Jangan khawatir. Kalian jatuh lalu bangkit lagi. Nikmati saja. Kalian baru berusia 25 tahun. 

Video Jack Ma


Video ini sumber aslinya dari Youtube yang diunggah oleh Chandra Hasyim. Sumber aslinya ada di alamat berikut ini https://youtu.be/3oW1D1ZCYCI.

Saya kembali mengunggah di Facebook karena terkadang video di Youtube sewaktu-waktu dihapus Youtube sendiri dan agar iklan tidak menganggu kenyamanan yang ingin menonton.

...

Saya menyadari bahwa ini bukan untuk motivasi saya agar menjadi pengusaha. Saya lebih menyukai tentang umur saya yang kini telah berusia kepala 3 dan apa yang harus dilakukan di angka tersebut.

Kamu yang masih di bawah umur 30, banyak hal yang bisa dilakukan dan jangan ragu untuk melakukan seperti apa yang dikatakan Jack Ma. Saya harap tulisan ini memotivasi saya maupun dirimu yang membaca ini.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Crowned Clown, Drama Korea Kerajaan yang Bercerita Raja yang Bertukar Karena Wajah Kembar

Half Girlfriend, Film India Tentang Pria yang Jatuh Cinta dan Tidak Mau Menyerah

I Will Never Let You Go, Drama China Kolosal Tentang Putri Pengemis dan Pangeran Bertopeng