Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Menjadi Bloger yang Jujur


[Artikel 67#, kategori dotsemarang]Mungkin membingungkan, tapi bila dibaca secara keseluruhan pasti ketemu maksudnya. Postingan ini terkait dengan blog dotsemarang, dimana beberapa artikel yang dipublish, saya berusaha untuk jujur kepada pengunjung. Apakah kejujuran sangat penting buat bloger?

Harus saya akui persaingan saat ini menyentuh semua kategori, termasuk bloger. Maka melihat antusias tinggi dari bloger-bloger untuk menyelesaikan pekerjaan, seperti lomba blog dan memenangkan sebuah tulisan, saya selalu menghormati dan berharap memberi jalan mereka agar menikmati hasil yang diperoleh. 

Apakah berarti saya mudah menyerah? Bukan-bukan, saya hanya merasa bila yang dilakukan lebih baik dari saya, maka saya akan menghargai dan mendahulukan mereka. Saya bukan tipe bloger pejuang yang merasa paling hebat.

Sifat ini pada akhirnya menurun kepada sikap saya tentang artikel yang saya buat sendiri. Jujur dalam memberi informasi, terutama dari iklan maupun brand adalah sangat penting di sini. 

Beberapa artikel yang bisa ditemui adalah saat saya menulis diparagraf awal dengan tanda [], kemudian diisi tulisan yang mengatakan artikel press rilis. Saya memulainya dengan hal sederhana seperti ini. 

Membangun kredibilitas

Tulisan yang saya tulis, baik di blog dotsemarang maupun lainnya, memang bukan tulisan indah yang menggugah. Saya sengaja melakukannya karena saya percaya, informasi yang saya bagikan lebih penting ketimbang cerita dibalik hidup saya. Terutama survei yang membuktikan pembaca tidak mau berlama-lama dalam sebuah halaman. Ya, saya memuja pembaca saya. Bukan mereka yang memuja saya.

Ketika saya memberi artikel kepada mereka, saya tidak ingin kunjungan mereka berhenti begitu saja. Maka salah satu langkah yang saya ambil adalah memberitahu dari awal saat saya mempublish konten, apakah berasal dari saya sendiri atau iklan.

Bila dari saya sendiri (dotsemarang), mereka boleh meneruskan membaca. Tapi bila tahu artikel itu adalah konten press rilis, mereka boleh memilih. Mau melanjutkan atau tidak. Kejujuran dari awal ini, saya harap menambah kepercayaan mereka terhadap blog dotsemarang.

Apakah kejujuran itu merugikan bagi seorang bloger?

Tentu tidak, baik dari pemasang iklan atau kerjasama, dan juga pengunjung blog. Jujur juga memberi saya kebebasan untuk berkespresi dengan menambahkan beberapa tulisan dalam konten yang berhubungan dengan press rilis.

Semua pasti ada akibatnya, dan saya pasti akan belajar bila menemukan kesalahan tersebut. Bagaimana dengan kamu? Jangan ajak saya ikutan lomba blog, karena pemikiran saya tentang sesuatu tidaklah sesempurna dengan niat bloger lain yang berupaya menang dengan berbagai cara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sifat Buruknya Pria 29 Tahun

I Will Never Let You Go, Drama China Kolosal Tentang Putri Pengemis dan Pangeran Bertopeng