Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Alasan Menyuruh Adik Menulis Blog



Saya tidak berharap membuat adik saya jadi seorang blogger. Karena saya tahu, menjadi blogger itu tidak mudah. Hanya sekedar nama, siapapun juga bisa. Yang saya pikirkan adalah dia punya wadah untuk mengekspresikan dirinya dikala senang, sedih maupun duka.

Seperti sebuah pemaksaan karakter tapi menurut saya tidak demikian. Karena sebagai seorang kakak dan terbiasa menulis blog, saya tahu ini yang baik menurut saya. Ayo menulislah, saya di sini siap menjadi mentormu.

Saya punya 2 adik laki-laki yang berbeda karakter. Karakter mereka berbeda disebabkan juga perbedaan usia dan silsilah diantara kami. Yang satu anak kedua, berpikir terbuka dan berani mengambil resiko. Sedangkan ketiga atau bungsu memiliki karakter maju tanpa pikir dulu. Mau ngelakuin sendiri dan tidak Ingin merepotkan orang lain, meski akhirnya kami juga yang memikirkan ini sebuah kesalahan.

Menulis, apa pun medianya sebenarnya memiliki banyak manfaat. Sebagai wadah melepaskan emosi yang selalu dipikirkan hingga menjadi beban. Kadang bila tidak dilepaskan, kecenderungan terhadap penyakit mulai membayangi. Tanpa sadar seseorang yang mudah stres mulai masuk kategori depresi.

Menulis juga menyimpan berbagai kenangan yang suatu hari mudah terlupakan. Siapa diri kita 15 tahun mendatang akan diketahui dari apa yang kita buat atau tulis hari ini. Lalu, mengapa saya menyarankan adik bungsu saya  menulis. Padahal karakter ingin berusaha sendiri membuat nya menolak saya.

Wadah mengembangkan diri

Saat masih muda tanpa berbuat apa-apa kelak akan susah jadinya. Era generasi anak muda sekarang yang sudah punya penghasilan diatas rata-rata seharusnya menjadi pelecut. Tapi karena jarang membaca dan ingin menikmati masa muda, seseorang mengabaikannya.

Ngeblog bukan berarti menulis semuanya. Ngeblog hanya soal mengeluarkan ide dan mengembangkannya. Saat ide hanya ada dikepala, beberapa jam kemudian akan hilang, lenyap dan tak berbekas. Dengan menaruhnya di blog, kamu bisa meluapkan apa saja.

Menghilangkan stress

Kamu tahu kalau menulis  digunakan di beberapa rumah sakit di dunia sebagai terapi. Dengan menulis, pasien biasanya mengeluarkan pikiran-pikiran yang selama ini menjadi beban. Sama seperti air yang keruh bila tidak dikeluarkan, niscaya mendapatkan air yang bersih.

Menjalin pertemanan

Ngeblog bukan tentang diri sendiri tapi bisa lebih tentang silaturahnmi. Kamu akan bertemu banyak orang yang menginspirasi hanya dengan membaca kisahnya. Sapa tahu ada orang lain juga yang membaca kisahmu dan memahami dirimu.

Bila kamu diam hari ini dan berteman dengan sekitar, maka kamu sudah gagal menjadi pria yang menaklukkan dunia. Apa tujuanmu ada di dunia seharusnya bisa kamu pikirkan.

Memberi apresiasi pada diri sendiri

Tentu, hanya diri kita sendiri yang bisa memberi semangat dan mengapresiasi. Ya tahu, lebih baik kalem. Tapi bro, duniamu bukan lagi dunia Siti Nurbaya. Ini jaman dimana generasi muda sepertimu lebih banyak bertindak ketimbang menutup diri.

Ketika kamu berhasil melakukan sesuatu yang menurutmu itu membahagiakan, membanggakan dan menyenangkan, blog akan menyimpan semuanya dan memberitahu tentangmu kepada kakak-kakamu. Cobalah untuk melihat dunia luar bahwa masih ada gunung yang lebih tinggi dan masih ada laut yang lebih dalam.

...

Apa yang kamu pikirkan tentang blog atau blogger di luar sana jangan dengarkan! Coba dulu, dan buktikan sendiri. Bila tidak ingin diketahui kamu boleh gunakan nama samaran. Saranku, tetap pakai nama sendiri. Banggalah pada dirimu.

Ngeblog bukan sekedar platform atau media, ngeblog hanya soal menjaga konsistensi, berani mencoba, berteman dengan diam dan belajar bagaimana berbicara pada kata hati sendiri.

Jadi, cobalah dan kami siap menjadi mentormu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Crowned Clown, Drama Korea Kerajaan yang Bercerita Raja yang Bertukar Karena Wajah Kembar

Half Girlfriend, Film India Tentang Pria yang Jatuh Cinta dan Tidak Mau Menyerah

I Will Never Let You Go, Drama China Kolosal Tentang Putri Pengemis dan Pangeran Bertopeng