Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Melihat Siklus Generasi di Abad ke-20 ; Kamu yang mana?


Beruntung, awal bulan April ini saya belajar lagi tentang generasi manusia. Generasi yang dilihat dari sisi yang berbeda. Generasi yang membuat saya tahu seperti apa yang akan terjadi kedepan maupun masa lalu. Kamu, diantara yang mana?

Dari kemarin saya berkicau tentang generasi milenium atau yang populer disebut generasi Y. Saya tertarik ini karena mereka lahir diantara tahun 80'an hingga awal 1990-an. Cari tahu sendiri tentang generasi ini atau ikuti lewat timeline dengan hashtag #EraGenY.

Sekarang, saya ingin mengajak pembaca blog yang masih baru tahu ini melihat generasi lainnya selain yang saya sebut diatas tadi. Berikut informasinya

The Depression Era

Lahir : 1912-1921
Umur tahun 2014 : 100 tahun lebih
Orang-orang pada era depresi cenderung konervatif, kompulsif, menjaga utang tetap rendah dan menggunakan lebih banyak produk keuangan yang aman ketimbang bermain aman.

Orang-orang pada generasi ini merasa bertanggung jawab untuk mewarisi peninggalan yang berharga kepada anak-anak mereka. Cenderung patriotik, otoritas, dan memiliki tanggung jawab moral yang tinggi.

Perang Dunia II

Lahir : 1922 - 1927
Umur tahun 2014 : 87-94 tahun.
Kelompok orang-orang ini memiliki kesamaan tujuan dalam mengalahkan kekuatan kutub yang berkuasa. Tidak mengejar atau menuntut kepentingan pribadi.

Kelompok Pasca Perang

Lahir : 1928 - 1945
Umur tahun 2014 : 69 - 86 tahun.
Generasi ini memiliki kesempatan yang signifikan dalam pekerjaan dan pendidikan saat perang berakhir dan ledakan ekonomi pasca perang melawan Amerika.

Namun, ketegangan perang dingin, potensi perang nuklir menyebabkan tingkat ketidaknyamanan dan ketidakpastian yang belum ada sebelumnya. Anggota dari kelompok ini mengedepankan keamanan, kenyamanan, dan keakraban.

The Baby Boomers

Lahir : 1946 - 1954
Umur tahun 2014 : 50-70 tahun.
Pengalaman hidup generasi ini sama sekali berbeda. Sikap, perilaku, dan masyarakat yang sangat berbeda. Di AS, kelompok boomers pertama dibatasi oleh pembunuhan Kennedy, dan Martin Luther King, gerakan Hak Sipil dan Perang Vietnam.

Boomers II or Generation Jones

Lahir : 1955 - 1965
Umur tahun 2014 : 49-59 tahun.
Sementara Boomers generasi I ditandai oleh perang Vietnam, Boomers II ditandai oleh munculnya penyakit AIDS sebagai bagian dari ritus mereka. Anggota termuda dari generasi Boomers II sebenarnya tidak mendapatkan manfaat dari kelas Boomers I karena banyak pekerjaan terbaik, peluang, fasilitas perumahan diambil oleh kelompok yang lebih besar dan lebih awal.

Generasi X

Lahir : akhir 1960-an hingga 1970-an
Umur tahun 2014 : 30-40 tahun
Kadang-kadang disebut sebagai generasi yang hilang, di AS ditandai dengan banyaknya tempat penitipan anak dan perceraian. Dikenal sebagai generasi dengan tingkat partisipasi pemilih terendah setiap generasinya, Gen X dikutip oleh Newsweek sebagai "generasi yang putus tanpa pernah menyimak berita atau tertarik dengan isu-isu sosial di sekitar mereka.

Gen X sering ditandai oleh tingginya tingkat skeptisme, sikap 'apa untungnya bagi saya' dan masa di mana beberapa musik terburuk pernah mendapatkan popularitasnya.

Generasi Y, Echo Boomers atau Millenniums

Lahir 1980-an - awal 1990-an
Umur tahun 2014 : 20-an hingga awal 30-an.
Kelompok usia terbesar sejak Baby Boomers, angka yang tinggi mencerminkan kelahiran mereka seperti generasi orang tuanya. Anak-anak Gen Y dikenal sangat canggih, dan melek teknologi, kebal terhadap cara pemasaran paling tradisional.

Mereka juga well-inform, dan sangat menjunjung tinggi kecepatan informasi. Mereka dididik oleh ekspansi yang cepat di saluran TV kabel, radio dan kecepatan internet. Gen Y juga kurang loyal terhadap brand, dan kecepatan Internet telah membuat mereka menjadi fleksibel dan berubah-ubah dalam gaya bahasa.

Generasi Z

Lahir : 1995 - 2012
Umur tahun 2014 : 10- 19 tahun.
Generasi ini tumbuh di lingkungan yang sangat beragam. Lingkungan yang beragam ini akan membuat lulusan sekolah dari generasi berikut ini yang paling berbeda.

Level tinggi dari teknologi akan membuat terobosan yang signifikan di bidang akademik yang memungkinkan pemodifikasian instruksi. Anak-anak Gen Z akan tumbuh dengan lingkungan media dan komputer yang sangat canggih dan akan lebih 'cerdas Internet' dan ahli dibanding pelopor mereka pada Gen Y. Akan lebih banyak lagi yang dicapai Gen Z.

...

Data ini saya peroleh dari majalah Stabilitas edisi Maret 2015. Mereka menulis untuk menganalisa pasar khususnya bagi dunia perbankan. Mulai dari dunia kerja hingga hal-hal lainnya. Menarik sekali majalah ini. Dan ini adalah perdana saya membelinya.

Mengapa saya berbagi informasi ini disini? Selain karena saya adalah berasal dari generasi milenium alias generasi Y, setidaknya informasi ini sangat informatif. Bagi marketing ini menarik dan buat blogger setidaknya ini dapat menjadi informasi tambahan untuk referensi.

Salam blogger

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review] One Day, Film Korea Tentang Pertemuan Pria dengan Wanita Koma yang Menjadi Roh

Berkenalan dengan Istilah Cinephile